KA Argo Wilis

Kereta Api Argo Wilis adalah kereta api kelas eksekutif argo yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Bandung (BD) – Surabaya Gubeng (SGU) dan sebaliknya.

Kereta api Argo Wilis dioperasikan pertama kalinya pada tanggal 8 November 1998. Perjalanan sejauh 699 km ditempuh dalam waktu 11 jam dan selama dalam perjalanan hanya berhenti di Stasiun Cipeundeuy (berhenti luar biasa), Tasikmalaya, Banjar, Stasiun Karanganyar, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Kertosono.

Kereta api Argo Wilis merupakan kereta api satu-satunya kereta api kelas eksekutif argo yang melayani di jalur di luar Jakarta (BD-SGB dan sebaliknya). Kereta api Argo Wilis beroprasi di siang hari, dan kalau malam hari digantikan dengan KA Turangga, yaitu salah satu kereta api kelas eksekutif satwa memakai rangkaian (seperti) pesawat yang beroprasi diluar jalur Jakarta. KA Argo Wilis diberangkatkan dari Stasiun Bandung (BD) pkl. 07.00 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng (SGU) pkl 18.56 WIB.

Kata Argo digunakan sebagai brand image layanan kereta api eksekutif unggulan. Kata Wilis diambil dari nama Gunung Wilis yang memiliki ketinggian 2.169 m dari permukaan laut dan merupakan tataran pegunungan yang panjang dengan puncak tertingginya berada di kawasan Bajulan Nganjuk, Jawa Timur.

Rangkaian KA Argo Wilis terdiri dari 4-5 gerbong kelas eksekutif argo (K1), 1 kereta makan (KM), dan 1 kereta pembangkit listrik (MP). Bisa menggangkut penumpang 200-250 penumpang.

Selama ini Argo Wilis sering dipakai sebagai mode transportasi penghubung dari Bandung ke obyek wisata yang ada di Pulau Bali dan sebaliknya. Setiba di Surabaya biasanya penumpang transit di VIP Room Stasiun Surabaya Gubeng untuk kemudian meneruskan perjalalan ke Banyuwangi dengan KA Kereta api Mutiara Timur Malam dan sampai di Banyuwangi pada pagi hari. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan bus PT. Kereta Api (Persero) menuju Denpasar, Bali. Demikian juga sebaliknya, berangkat dari Banyuwangi dengan menggunakan KA Mutiara Malam untuk samapai di Surabaya Gubeng, kemudian transit di VIP Room Stasiun Surabaya Gubeng dan meneruskan perjalanan menuju Kertosono, Madiun, Solo, Yogyakarta, Kutoarjo,Karanganyar, Tasikmalaya maupun Bandung dengan menggunakan KA Argo Wilis.

Jadwal Keberangkatan KA Argo Wilis
Bandung – Surabaya Gubeng Pukul 07.00 – 19.47
Berhenti di Stasiun: Tasikmalaya, Banjar, Kroya, Karanganyar, Tugu Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Kertosono, Jombang

Surabaya Gubeng – Bandung Pukul 07.30 – 19.56
Berhenti di Stasiun: Jombang, Kertosono, Madiun, Solo Balapan, Tugu Yogyakarta, Karanganyar, Kroya, Banjar, Tasikmalaya

Tarif: Rp. 265.000

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Argo_Wilis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s