Wisata Kuliner

1. Sapu Lidi 

Tanggal 6 Februari 2011 saya dan keluarga merencakan makan di sapulidi yang berada di kawasan Cihideung Lembang, Pertama masuk, suasana sunda terasa khas sekali, lengkap dengan lagu dengan iringan gamelan tradisional sunda. juga adanya oleh-oleh atau jajanan khas bandung dan bunga anggrek menyambut kedatangan saya. Hamparan tanah dan pesawahan menyambut kehadiran saya dan keluarga, disana disediakan tempat makanan yang khas, dengan saung atau semacam gubuk yang dibuat disela-sela pohon.Sebagian gubuk terletak di antara sawah yang ditanami padi, di tengah lokasi dibuat kolam ikan.

Untuk menu makanan di Sapu Lidi, dibuat dalam nama yang aneh-aneh, Salah satunya adalah Ikan Bakar Jedor, Ikan Lieur, Ikan Hiber Kabulan, Sate Ayam Edan, Cumi Dag-Dig-Dug, Ayam Gegetret, Tahu Kukurilingan, Ramuan Nenek Sihir lumayan unik memang membuat saya penasaran, begitupun keluraga saya membaca menu nya dibarengi dengan ketawa kecil membaca tulisan menu ini🙂

Untuk harga tidak usah takut, cukup terjangkau. Untuk satu porsi ikan Hiber Kabulan besar dengan lalapan, sambal dan teh hangat hanya berkisaran antara Rp.50.000, saya memesan ikan mujair bakar harganya 9000/ 100 Gram nya juga oseng genjer sama ulukutek leunca. Untuk minumnya kelapa muda dalam bahasa sunda dikenal dengan nama dawegan.

Makanan disajikan dengan menggunakan nyiru semacam anyaman bambu yang biasanya dibuat sebagai alas nasi tumpeng, menggunakan daun pisang, untuk makanan yang ditumis menggunakan wajan yang mini, sangat unik. saya dapat meikmati makanan khas jawabarat sambil menikmati pematang sawah. Direstoran ini pun tersedia penginapan dan juga kolam ikan yang cukup luas, satu kata, Indah.

Menurut Saya:
Rasa Makanan: 6/10
Suasana: 8/10
Pelayanan: 7/10
Harga: 7/10

2. Sushi Grove

Pertama kali makan sushi yang asli ya di Sushi Groove ini, not bad lah rasa fushion sushinya, di restoran ini lebih beragam menu fushion sushi nya, mungkin sesuai nama restorannya Groove, makanya interior dalamnya juga ikut-ikutanan nge-Groove, waitress nya juga penampilannya casual.

Saya, kakak dan saudara saya berkesempatan makan Sushi Groove yang berada di Pondok Indal Mall. kami memesan beberapa makanan diantaranya : Edamme Japanese Soy Bean, Miso Soup, Salmon Sashimi, Bonsai Roll, Mayonaise Dream Roll dan ocha, teh khas dari jepang. Rasanya lumayan enak, pelayanannya cepat, dan ramah. Salmon sashiminya lembut, fresh. namun tampaknya disini tidak bisa untuk santai berlama-lama, karena memang sangat ramai pengunjungnya.

Menurut Saya:
Rasa Makanan: 8/10
Suasana: 7/10
Pelayanan: 7/10
Harga: 8/10

3. Bumbu Desa

Minggu 26 Juni 2011, saya beserta keluarga berencana makan siang di Bumbu Desa Laswi. Begitu datang, kami disambut oleh pelayan yang ramah, semua pelayan mengucapkan wilujeung sumping yang artinya selamat datang, dan segera kami mengambil tempat duduk yang nyaman, Bumbu desa di laswi ini terdapat dua ruangan dimana pembedanya hanya senderan kursinya saja untuk diruangan yang satunya lebih tinggi. untuk memesan makanan kita diberikan dua pilihan bisa melihat menu atau bisa juga lihat langusng jajaran makanan yag sudah dipajang di meja panjang. tampilannya menarik menunya juga tergolong variatif. Pelayan di Bumbu Desa melayani kami dengan sangat ramah, dan proaktif melayani kami, sehingga membuat kami semakin nyaman di rumah makan ini ditambah dengan suasana restotan yang sunda banget temanya.

Kami memesan gurami dan ikan mas bakar, nasi timbel komplit, krecek, tumis jamur kancing, Gepuk dan ayam goreng minumannya kami memesan es kelapa muda, jus jeruk, jus strawbery dan es peuyeum. Menurut saya, ada yang unik dari Bumbu Desa Lawsi ini, yaitu banyak pilihan sambal yang tersedia, terdapat tiga pilihan sambal, sambal terasi, sambal goang dan sambal oncom. Rasanya jangan ditanya, sangat pedas sekali, selama saya mengunjungi restoran sunda, baru pertama kalinya saya merasakan rasa pedas seperti ini, pokoknya juara deh, megalahakan nasi pedas ibu Andhika yang di bali.


Menurut Saya:
Rasa Makanan: 8/10
Suasana: 7/10
Pelayanan: 8/10
Harga: 7/10

4. Rumah Makan Pak Yana

Saya mengetahui Rumah Makan Pak Yana ketika saya melakukan PKL di PT. KAI Daop 2 Bandung pada tahun 2007 yang lalu, Rasa makanan ditempat ini enak untuk sekelas Rumah makan biasa, harganya pun terbilang murah. beragam jenis makanan disajikan disni, temanya makanan sunda tapi untuk rendang juga tersedia. layanan yang menarik disini adalah self service, kita dapat mengambil makanan sesuai keinginan. rekomendasi makanan yang patut dicoba ketika makan disini adalah Ayam Presto atau Mustofa (kentang bumbu yang digoreng kering). untuk makanan tabahannya ada berbagai macam sambal terasi dan Reuceuh plus lalaban itu bisa diambil sesuai keinginan dan gratis. lokasi rumah makan ini berada di jalan setasiun selatan/ stasiun lama. sambil menunggu keberangkatan kereta tidak ada salahnya makan ditempat ini🙂

Menurut Saya:
Rasa Makanan: 8/10
Suasana: 6/10
Pelayanan: 7/10
Harga: 5/10

5. Rumah Makan Sambel Hejo

Rumah Makan Sambel Hejo menyediakan makanan khas Sunda yang disajikan semua diatas meja, tinggal pilih makanan yang disukai dan sesuai selera. Yang khas tentunya Sambel Hejonya (Sambal Hijau) yang tidak terlalu pedas. Tapi jangan kuatir, ada juga Sambel Dadak yang Pedasnya akan membuat ketagihan. Semua disajikan lengkap diatas meja Tinggal Pilih. Menu Utamanya adalah Ayam Goreng Basah yang diolah dari Ayam Kampung muda. Harganya cukup bersahabat,

Seperti Ciri khas masakan Sunda lainnya juga menyediakan Ikan mas goreng/pepes, sayur asem, Perkedel Jagung, Sate Usus/Ati, Pepes Tahu, Empal, Tahu Tempe, Paru, Lalapan dan masih banyak lagi hidangan lainnya yang tak kalah nikmatnya. Rekomendasi dari saya adalah Pencoknya heemm makyus, harganya hanya 6 ribu ripah saja.

Menurut Saya:
Rasa Makanan: 8/10
Suasana: 7/10
Pelayanan: 7/10
Harga: 6/10

6. Stone Cafe, Dago Pakar

Stone Cafe terletak di kawasan bukit Dago Pakar bandung ini memberikan nuansa pemandangan alam bandung yang sejuk, kita bisa menikmati makanan sambil melihat kota bandung dari ketinggian. Menu makanan di Stone Cafe ini terdiri dari 3 pilihan, ada Indonesian Food, Western, sama China. Pilihan tempat makan nya pun bisa kita pilih sesuai selera, karena Stone Cafe menyediakan 3 pilhan tempat, ada Balcony, Indor sama Gazebo, semuanya bisa melihat keindahan kota bandung, namun yang paling leluasa melihatnya adalah tipe Balcony. Rasa makan dan pelayanan Stone Cafe tergolong prima, Fasilitas lengkap, apalagi ada fasilitas minibar untuk meminum wine. Harga yang ditawarkan Stone Cafe tampaknya sebanding dengan fasilitas dan rasa hidangan yang diberikan kepada para pengunjungnya.

 
Menurut Saya:
Rasa Makanan: 9/10
Suasana: 8/10
Pelayanan: 8/10
Harga: 8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s