The Amazing Place in Lebak Jero

Sebagai Railfans saya mempunyai keinginan yang besar untuk dapat hunting Foto Kereta Api di skitar stasiun Lebak jero. Begitupun para Railfans lainnya sudah banyak yang tahu bahwa stasiun Lebak Jero memang cukup sering didatangi pecinta kereta yang ingin memotret kereta dengan latar pemandangan yang indah.

Stasiun Lebak Jero ini cukup unik. Dibangun di wilayah perbatasan antara Desa Ciherang, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, serta Desa Karang Tengah, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut. Letaknya di tengah-tengah pegunungan. Ketinggiannya, seperti ditulis di papan nama stasiun, sekitar 818 Mdpl. Seperti yang dikutip dari sumber Wikipedia: Stasiun Lebak Jero (LBJ) adalah stasiun kereta api di daerah perbatasan Ciherang, Nagreg, Bandung dengan Karangtengah, Kadungora, Garut. Stasiun berketinggian +818 m dpl ini terletak di Daerah Operasi 2 Bandung. Stasiun ini terletak di tengah-tengah pegunungan, seperti jalur selatan Jawa Barat pada umumnya. Lintasan rel di stasiun ini melengkung, seperti membentuk kurva S.

Sebagai stasiun kecil, stasiun ini hanya disinggahi oleh kereta api Simandra (Purwakarta-Cibatu), sedangkan lainnya langsung melintas.Rel langsir di Stasiun Lebak Jero adalah yang terpendek di Jawa Barat, karena hanya dapat menampung 5 gerbong. Jika melebihi angka tersebut, maka harus diarahkan ke jalur terminus, di mana masinis harus menggerakkan KA, untuk menempatkan bagian belakangnya di garis terminus yang berlawanan. Stasiun Lebak Jero hanya terdiri dari bangunan utama yang sederhana, berukuran sekitar 4 × 3 meter. Di sampingnya ada bangunan tambahan berdinding kayu, sebagai ruang tunggu. Namun tak ada kursi tunggu di sini.

Petugas PT KAI yang berdinas di sana akan sangat ramah menerima kedatangan saya. Sesaat setelah saya datang, saya pun langsung bertemu dengan KS Stasiun tersebut, memperkenalkan diri dan menyampaikan masksud dan tujuan saya kesini untuk mengabadikan Momen ketika kereta melintas di area ini, karena saya sebagai railfans. Walaupun pertama kali bertemu Pak KS sangat akrab dalam memberikan informasi kepada saya, saya sempat sahre tetang KA dan menjawab dengan penuh semangat. ada beberapa orang yang berugas di Stasiun kecil ini. Mereka adalah orang-orang setia, yang selalu menjaga keselamatan nyawa penumpang kereta dengan selalu mengawasi dan memelihara sarana dan prasarana perkeretaapian.

Saat Saya berdiri di emplasemen stasiun, di sebelah barat dan timur akan terlihat gunung yang menjulang, seolah mengapit wilayah ini. Tepat di seberang stasiun adalah perkampungan penduduk, dan di sekitarnya ladang jagung. Kereta yang datang dari Timur dan Barat akan muncul dari balik bukit, lalu melewati lintasan melengkung, seperti huruf S raksasa di area stasiun Lebak Jero. Bentuk kurva S inilah yang menarik para pemburu foto kereta. Bentuk yang melengkung indah akan sangat eksotis dilatarbelakangi pemandangan ladang dan pegunungan di sekitarnya. Amazing Place.

Berikut beberapa hasil Hunting Foto di Spot Lebak Jero:

    


About rickyrianto

i'm a family guy and family always comes first
Gallery | This entry was posted in Ricky Journey. Bookmark the permalink.

2 Responses to The Amazing Place in Lebak Jero

  1. mandariyanto says:

    .Fotonya bening-bening
    .Mantap kereta apinya. 🙂
    .Mirip stasiun mrawan kalibaru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s