THR Djuanda dan Maribaya

Tanggal 3 Februari 2011 saya berkesempatan mengunjungi Taman Hutan Raya Ir H Djuanda atau yang disingkat THR Djuanda. sengaja saya pergi pada pagi hari dari rumah agar bisa berlama-lama. cuaca pada hari itu cukup cerah. jalanan menuju THR Djuanda cukup bagus, area parkirnya juga luas. harga tiket masuk ke THR Djuanda Rp. 11000 sudah termasuk parkir.

THR Djuanda DagoSaat mulai memasuki kawasan THR Djuanda saya merasakan sejuknya alam ini dengan adanya pohon-pohon yang tinggi di pinggir-pinggir jalan seperti pohon Pinus, pohon Kaliandra, pohon Bambu dan jenis pohon-pohon kecil lainnya serta di temani kicauan Burung. terdapat denah loasi THR Djuanda dan patung/ tugu pula. baru melangkahkan kaki beberapa puluh meter saya disambut dengan aliran sungai yang cukup deras airnya, tidak jernih memang agak kecokelatan warnanya namun sangat sejuk apabila kita memsukkan tangan kedalam air tersebut.

Goa BelandaDidalam THR Djuanda banyak dijumpai papan informasi petunujk arah, hal ini memudahkan saya untuk menuju lokasi yang saya tuju. tujuan pertama saya adalah goa jepang, untuk meuju kesana kita harus menuruni anak tangga, suasana nya cukup bersih namuan lembab, Ada empat buah gua berukuran besar yang berjejer, serta beberapa lubang gua berukuran kecil. Antara gua yang satu dengan lainnya terhubung dengan lorong-lorong. Ukuran Gua Jepang yang cukup besar membuat orang dengan mudah bisa melangkah sepanjang lorong gua dan tidak ada kesulitan bagi pengunjung untuk bernafas di dalamnya. Namun suasana didalam gelap gulita karena memang tidak ada penerangan sama sekali di dalam sana. saya tidak cukup berani untuk masuk ke area gua tersebut, karena dengan kondisi yang lembab memungkinkan hewan seperti ular ada disekitar sana. sayapun melanjutkan perjalanan.

Goa BelandaTampak dari kejauhan goa belanda sudah saya lihat, di mulut goa tampak lereng tembok karang menjulang tinggi keatas, bangunan alam yang megah menurut saya. sebelum masuk ke goa tersebut ada sebuah pagar dari jeruji besi, dan bayak oarang yang menawarkan penyweaan senter. harga sewanya Rp. 3000 sekali jalan. saya tidak menyewanya karena bisa menggunakan flash dari ponsel saya, cukup membantu. ketika memsuki mulut goa belanda memang sangat gelap sekali, untuk flash di ponsel saya cukup menerahi jalan didepan, jalanan didepan goa memang cukup panjang namun tidak perlu khawatir jalanan nya memang dibuat lurus sehingga kita sudah dapat melihat pintu keluar diujung sana walaupun hanya sebuah titik putih.

THR Djuanda Dago Setelah melewati gua belanda, perjalanan dilanjutkan dengan jalan setapak, tujuan selanjutnya adalah ke maribaya, menurut informasi yang saya baca jaraknya adalah sekir 5,5km lumayan jauh memang, disepanjang jalan setapak yang saya lalui terdapat banyak sekali peohonan yang rindang, jalan setapak yang saya lalui juga terbuat dari paving block, namun dibeberapa titik saya menemukan beberapa jalan yang rusak bahkan bolong, hal ini dikarenakan banyak sekali ojek dan sepeda yang berlalu lalang disepanjang perjalanan saya, tetntunya hal seperti ini sangat tidak nyaman sebaagai pejalan kaki seperti saya. karena memang jalur ini dibuat hanya untuk pejalan kaki bukan pengendara motor. Daya tarik lain yang terdapat di Taman Hutan Raya Juanda yaitu adanya kolam buatan milik PLN namanya kolam pakar merupakan salah satu sumber pembangkit tenaga listrik,

MaribayaLewat jalur treking yang saya lalui akan disuguhkan pemandangan alam yang eksotik, hutan yang asri dan di belakang bukit atau ujung Gua Belanda, jika kita jeli akan melihat banyak kera bergelayutan di atas pohon. Kemudian aliran Sungai Cikapundung yang berhulu di Maribaya juga bakal kita temui disepanjang jalan setapak.

Kondisi medannya sendiri tidak terlalu berat, hanya naik turunnya itu yang kadang yang membuat saya lelah. Terdapat warung-warung yang menawarkan makanan dan minuman di titik-titik dimana stamina sedang minim. Sesekali, ojek motor lewat menawarkan cara instan mencapai Maribaya. Tapi bagi penggemar jalan kaki sperti saya, ojek bukan solusi. Apalagi jika ingin berlama-lama menikmati panorama hutan di sepanjang perjalanan. Pada sebuah percabangan jalan, terdapat penunjuk jalur ke curug ciomas. Dari sini, suara gemuruh air terjun segera terdengar karena memang sudah dekat dengan curug. curug dalam bahasa indonesianya adalah air terjun.

MaribayaCurug Omas terletak di lokasi wisata Maribaya, Lembang. Objek wisata ini menawarkan pesona air terjun dan keindahan alam di sekitarnya. Kesegaran udara langsung terasa begitu saya memasuki area objek wisata, hal itulah yang banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk duduk-duduk, tidur-tiduran, berbincang-bincang atau menikmati menu makanan yang dibawa dari rumah di atas tikar yang banyak disewakan di area lapang yang luas dan banyak ditumbuhi tanaman pinus disekitarnya ini. Tetapi bukan hanya suasana segar yang ditawarkan, saya akan menjumpai air terjun setinggi kira-kira 30 meter disana. Gemuruh air terjun terdengar dari area di sekitarnya, menggugah kita untuk mendekatinya. Disana disediakan jembatan yang tepat berada di atas air terjun, sehingga memudahkan kita untuk menikmati pemandangan air terjun dari atas. Sejenak saya dapat memanjakan telinga dengan menikmati suara gemuruh air terjun, memanjakan mata dengan melihat pelangi yang seringkali muncul. ketika melhat air terjun yang menakjubkan rasa lelah saya terbayar sudah. seperti pengujung lainnya saya pun ikut duduk dipinggir sungai dibawah pohon pinus sambil makan yang dibawa dari rumah.

Maribayasetelah puas makan dan menikmati pemandangan diarea wisata maribaya, sayapun kembali untuk pulang, melewati kembali jalan setapak yang tadi saya lewati, pengalaman yang berharga buat saya, Jika ingin menikmati kesejukan hutan yang penuh dengan objek wisata yang memiliki panorama alam yang indah. Taman Hutan Raya Juanda merupakan tempat wisata alam yang cocok untuk di kunjungi, kita dapat refreshing bersama keluarga tercinta atau bersama – sama teman untuk menjelajahi luasnya Taman Hutan Raya Juanda, tips dari saya jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan pemandangan yang indah di Taman Hutan Raya Juanda, happy holiday…🙂

THR Djuanda DagoTHR Djuanda Dago

About rickyrianto

i'm a family guy and family always comes first
Gallery | This entry was posted in Ricky Journey. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s