Candi Cangkuang

Candi Cangkuang Minggu pagi tanggal 13 Februari 2011 saya berangkat menuju objek wisata Candi dan situ cangkuang kota garut. perjalanan dari bandung menuju objek wisata ini cukup ditempuh sekitar 1jam 20 menit saja terhitung singkat memang, sebelumnya saya belum pernah mengujungi objek wisata ini, oleh karena itu saya di pandu dengan Gps yang ada diponsel saya. memang sangat membantu sekali buat saya.

Candi Cangkuang Setelah memarkir sepeda motor di depan pintu utama, sayapun masuk dengan membayar tiket Rp 2000 per orang. Tampak didepan terhampar pemandangan Situ Cangkuang, suasana pedesaan yang terasa tenang dan damai. Di seberang sana terletak pulau yang menyerupai bukit dengan pepohonan yang rindang, Candi Cangkuang dan sebuah kampung adat, Kampung Pulo namanya. Tepat di depan kami terdapat belasan perahu dari bambu yang dapat digunakan untuk menyeberang, tarifnya Rp 3000 per orang.

Candi Cangkuang Situ Cangkuang Sayapun menyebrangi kawasan situ tersebut dengan menggunakan rakit, sebenernya situ ini tidak terlalu dalam, banyak tanaman air yang membuat kawasan situ ini menjadi bertambah dangkal, sepanjang perjalanan menggunakan rakit saya melihat banyak masyarakat sekitar yang memanfaatkan situ ini untuk mencari ikan. tak lama kemudian rakit pun merapat kepulau cangkuang. suasana dipulau ini sangat asri bayak berbagai pepohonan besar dan rindang ditambah dengan kicauan burung, sempurna.

Candi CangkuangTampak dari puncak bukit Candi Cangkuang menjulang ketas, sebelum memasuki kasan candi kita akan menaiki beberapa anak buah tangga, setibanya di atas, saya baru mengetahui ternyata disebalah candi terdapat makan, enath makan siapa. juga terdapat museum dan pusan informasi. setelah puas mengabadikan candi saya memutuskan untuk makan siang diwah sebuah pohon dengan panorama menghadap ke situ cangkuangnya, setelah itu perjalanan dilanjutkan ke komplek adat Kampung Pulo suasananya sangat etnik, tetap terpelihara. sebelum kembali menyebarangi rakit , saya sempat melihat bayak penjual souvenir ditempat ini sebagai cinderamata.

Fasilitas yang ada di daerah ini :

* Mushola/Masjid
* Wisma /hotel berbagai type untuk menginap
* Pramuwisata/guide lokal
* Pusat Informasi dan Museum
* Perahu untuk menyusuri danau
* Kios Cinderamata
* Areal Parkir luas
* Taman

Harga – Harga :

* Tiket Masuk Rp 2.000
* Tiket nyebrang rakit Rp. 3.000

Rumah Adat Kp PuloRumah Adat Kp Pulo

Rumah Adat Kp PuloCandi Cangkuang

About rickyrianto

i'm a family guy and family always comes first
Gallery | This entry was posted in Ricky Journey. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s