Arung Jeram Cisangkuy

Tanggal 3 April 2011 lalu, saya dan teman kantor lainnya berkesempatan mengikuti wisata arung jeram Sungai Cisangkuy yang berada didaerah desa Lamajang, Kec. Pangalengan, Bandung Barat. sebelum ke aera arung jeramnya, saya dan teman kantor berkunjung dulu ke rumah pak Karim yang berada di Kec Cimaung, lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan arung jeram cisangkuy.

Sesampainya dirumah pak Karim saya dan teman-teman diberi kesempatan untuk untuk mengganti baju, sebenarnya pada hari itu hujan turun cukup deras, saya sempat was-was juga mengingat nantinya akan ada air bah yang besar ketika saya seadang berada di lokasi jeram, tidak lama kemudian kami dijemput oleh sebuah mobil yang akan mengantarkan kami ke hulu sungai Cisangkuy, perjalanan sekitar 20 menit hingga akhirny kamipun tiba dilokasi, pemandangan cukup indah hamparan sawah, dan aliran sungai berikut bebatuan yang ada disana membuat saya takjub.

sebelum menaiki perahu, kami semua diberi arahan oleh instruktur tata cara mengendarai parahu diarung jeram, cara penyelamatan menggunakan tali jika jatuh, cara memegang dayung yg benar, cara angkat teman yg jatuh dan lain-lainya yang penting, kami dipasangi pelampung warna merah serta sebuah helm kuning.

Menurut instruktur kami akan melewati sungai sepanjang 11km yang ditempuh dengan waktu sekitar 2,5-3 jam, beruntung waktu itu kondisi hujan sudah berhenti, untuk tingakt jeram yang ada di sungai ini adalah jeram tingkat 2 dengan skala jeram 1 sampai 3+. untuk setiap perahu disediakan 1-2 orang pemandu untuk aba-aba bagaimana kita pada saat mengarung jeram nantinya.


sepanjang perjalanan saya sangat terkesan dengan pemandangan yang disuguhkan, dikanan dan kiri saya ada hamparan sawah, pepohonan yang rindang, tebing bebatuan yang curam menjulang, tampak dari kejauhan gunung yang berwarna kebiruan yang diselimuti oleh kabut, kombinasi alam yang menakjubkan.

Sampai akhirnya kami semua berada di garis finish, Arung jeram di sungai Cisangkuy benar-benar menyenangkan untuk pemula seperti saya. Ada jeram yg mudah, ada juga yang sulit. Tapi bahkan jeram yang tersulit pun bisa kami lalui dengan mudah karena kepiawaian si pemandu tadi.

Tampak dari kejauhan, mobil sudah menanti untuk mejemput kami kembali kerumah pak Karim di kec cimaung, kulit saya berubah menjadi hitam dan yang pasti saya sangat kelaparan, 3 jam berada diperahu dengan mendayung tentunya bayk menguras energy, begitupun dengan teman-teman lainnya,

Sesampainya dirumah Pak karim kami disuguhi makan Nasi timbel komplit, hheemm tampak sangat nikmat menyantapnya ditambah dengan sambelnya yang super pedas. saya pun menikmati makanan sambil melihat pemandangan keluar rumah, tampak kebun jagung berjejer disana, pemandangan yang indah untuk sore hari.

semua kegiatan tadi hanya mengeluarkan budget Rp. 85k saja, karena ini katanya masih harga promo, I love Promo Price. Yuk, yuk, rafting lagi.

About rickyrianto

i'm a family guy and family always comes first
Gallery | This entry was posted in Ricky Journey. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

